11 Kunci untuk Bahagia Menurut Sains

Kunci untuk Bahagia

Para ilmuwan telah menghabiskan beberapa dekade mencoba untuk mencari tahu kunci untuk menjadi bahagia. Sering bepergian, mengelilingi diri dengan orang-orang yang positif, mendengarkan musik atau berolahraga adalah beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari kajian ilmiah yang telah dilakukan selama ini. Jika Anda ingin bahagia, terapkan daftar di bawah ini dalam hidup Anda.

Sains: 11 kunci untuk menjadi bahagia

Ilmunya sangat jelas: ada aktivitas, perilaku, sikap dan gerak tubuh yang bisa membuat kita lebih bahagia . Apa yang kita tunggu untuk mulai mempraktikkan kunci-kunci ini dalam kehidupan kita sehari-hari?

1. Sering bepergian

Bepergian selalu memberi kita pengalaman dan momen baru untuk diingat, tetapi menurut para ilmuwan, bepergian juga membuat kita lebih bahagia. Sebuah studi oleh Dr. Jeroen Nalwun, seorang profesor di Universitas Breda (Belanda), “Orang yang sering bepergian lebih bahagia” . Menurut penelitian, merencanakan liburan menyebabkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi karena efek mengantisipasi saat-saat indah yang menanti kita.

Sebaliknya, penting untuk digarisbawahi bahwa subjek penelitian tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan setelah mereka kembali dari liburan. Hal ini seolah menunjukkan bahwa salah satu kunci bahagia adalah merencanakan perjalanan, bukan perjalanan itu sendiri.

2. Kirim pesan terima kasih

Syukur adalah emosi yang kuat yang memberi kita manfaat psikologis . Bersyukur dengan mengirimkan email, teks, atau surat kepada seseorang yang telah membantu Anda dalam beberapa hal adalah positif. Selain itu, bersyukur itu cepat dan mudah, dan satu penelitian menemukan bahwa mempraktikkan rasa syukur dapat meningkatkan kebahagiaan hingga 25%.

Di sisi lain, penelitian lain menunjukkan bahwa hanya tiga huruf selama periode tiga minggu sudah cukup untuk meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan hidup subjek penelitian.

3. Hidup di masa sekarang

Menurut sebuah studi Sciencemag , orang yang menghabiskan hari merenungkan membuang 47% dari waktu mereka. Terus-menerus hidup di masa depan menciptakan harapan yang dapat membuat orang yang tidak berada di masa sekarang menjadi lebih tidak bahagia.

Juga, berfantasi atau mengkhawatirkan hal-hal yang bahkan belum terjadi adalah penderitaan yang tidak perlu . Tetapi hidup di masa sekarang tidak berarti bahwa Anda tidak boleh memiliki tujuan, tetapi Anda harus realistis dan melangkah selangkah demi selangkah untuk mencapainya.Faktanya, sebuah studi dari University of Wisconsin menemukan bahwa bekerja menuju tujuan menekan hal-hal negatif. emosi, selain mengaktifkan perasaan positif.

4. Habiskan lebih banyak waktu bersama teman dan keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman adalah salah satu kunci bahagia yang harus selalu kita ingat . Faktanya, tidak menghabiskan cukup waktu bersama teman dan keluarga adalah salah satu penyesalan utama yang diungkapkan kebanyakan orang sebelum mereka meninggal. Oleh karena itu, menghabiskan waktu bersama mereka yang menghargai dan yang kita hargai secara positif memengaruhi suasana hati kita.

Sebuah investigasi yang mengumpulkan buku The Longevity Project , menyimpulkan bahwa hubungan dengan orang lain sangat penting untuk menjalani hidup yang panjang dan bahagia.

5. Dengarkan musik

Nomor empat dalam daftar kunci bahagia adalah: mendengarkan musik. Dalam artikel kami ” 3 efek aneh musik pada perilaku Anda ” kami telah membahas beberapa konsekuensi yang mendengarkan musik terhadap pikiran dan perilaku kita. Selain itu, dunia sains telah menyelidiki bagaimana musik akan memengaruhi suasana hati kita. Sebuah studi oleh Saarikallio dan Erkkila pada tahun 2008 menyimpulkan bahwa mendengarkan musik yang bagus secara positif mempengaruhi suasana hati dan keadaan pikiran kita .

Studi lain oleh Lonsdale dan North (2010) menyatakan bahwa mendengarkan musik memberi kita banyak manfaat psikologis, termasuk: mengelola dan mengendalikan keadaan emosi negatif.

6. Jalani kebahagiaan dan berhenti mencarinya

Salah satu kunci bahagia, dan yang penting untuk diingat adalah: berhenti mencari kebahagiaan . Ada beberapa ahli yang memperingatkan bahwa pencarian kebahagiaan yang obsesif menghasilkan efek sebaliknya, yaitu ketidakbahagiaan.

Menurut sebuah penelitian di Universitas Yale, pencarian terus-menerus untuk kebahagiaan dapat menimbulkan kecemasan dan kesedihan.Obsesi untuk bahagia dengan segala cara ini tampaknya menghasilkan sedikit toleransi terhadap frustasi jika hasilnya tidak segera dicapai. Kebahagiaan adalah momen, dan momen “bukan kebahagiaan” tidak boleh dilihat sebagai kegagalan.

7. Latihan

Berolahraga adalah salah satu kunci bahagia yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya. Latihan fisik yang terus menerus akan membuat Anda merasa lebih baik, itu akan meningkatkan tingkat energi Anda dan itu akan mengurangi tingkat stres Anda. Selain itu, latihan fisik akan membantu Anda melepaskan zat kimia otak seperti endorfin, yang akan membuat Anda memahami kenyataan dengan cara yang positif . Anda dapat membaca lebih lanjut tentang topik ini di artikel kami ” 10 manfaat psikologis dari latihan fisik “.

Di sisi lain, Anda tidak harus berlari maraton untuk mendapatkan manfaat dari aktivitas fisik. Misalnya, berlatih yoga juga akan memberikan manfaat psikologis dan membantu meningkatkan mood Anda.

8. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif

Menurut penelitian oleh Grup BMJ , kebahagiaan seseorang sangat bergantung pada kebahagiaan orang-orang yang selalu berhubungan dengannya. Dengan kata lain, kebahagiaan bisa menular . Berada bersama orang-orang yang menghirup sikap positif dan antusias dari keempat sisi, menghasilkan efek positif pada kesejahteraan Anda.

9. Tinggal dekat dengan tempat kerja

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat kerja tidak boleh lebih dari 20 menit. Menurut sebuah penelitian oleh Yeo Valley, subjek paling bahagia dalam penelitian mereka adalah mereka yang membutuhkan waktu tidak lebih dari 20 menit untuk sampai ke tempat kerja mereka . Studi ini menegaskan bahwa menghabiskan lebih dari 20 menit untuk pergi bekerja memiliki efek negatif pada kesejahteraan fisik dan psikologis orang.

10. Pergi ke luar

Banyak penelitian menunjukkan bahwa pergi keluar, terutama pada hari-hari cerah, positif bagi tubuh dan pikiran kita. Matahari adalah antidepresan alami yang fantastis, merangsang fungsi endokrin dan meningkatkan produksi serotonin , neurotransmitter yang berhubungan dengan suasana hati.

Sebuah studi dari London School of Economics and Political Science menyimpulkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan meningkatkan kegembiraan dan humor yang baik. Studi yang lewat mengungkapkan bahwa menghabiskan 20 menit di luar dalam cuaca yang baik tidak hanya meningkatkan suasana hati yang baik, tetapi juga dapat meningkatkan daya ingat.

11. Mulai proyek yang Anda yakini

Memiliki proyek dan tujuan memotivasi kita dan membuat hidup kita bermakna . Mereka tidak perlu menjadi proyek yang sangat ambisius atau mencari keuntungan pribadi. Ada berbagai macam proyek (kemanusiaan, olahraga, sosial, keluarga) di mana kita dapat memfokuskan energi kita dan membuat kemajuan.

Untuk itu, penting untuk menetapkan tujuan jangka pendek dan realistis, agar dapat bergerak maju dan tidak frustasi jika hal-hal tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Yang penting adalah untuk menjadi konstan dan bahwa proyek tersebut indah dan menyenangkan dengan sendirinya.

 

Gaya Hidup: 11 Kunci untuk Bahagia Menurut Sains

You May Also Like

About the Author: Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *