Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Apakah Anda pernah berbicara negatif kepada diri sendiri, mungkin Anda merendahkan diri Anda di depan orang lain, atau mungkin Anda kesulitan menerima pujian (mungkin Anda merasa tidak pantas menerimanya)?

Jika Anda bersalah melakukan ini, mengapa Anda melakukannya? Ini semua terkait dengan harga diri yang rendah dan kurangnya kepercayaan diri.

Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Tidak ada gunanya merendahkan diri Anda ketika Anda berada di jalur pengembangan diri atau peningkatan diri. Untuk setiap kesuksesan kecil yang Anda miliki akan dinegasikan oleh pembicaraan diri atau sikap negatif yang Anda miliki terhadap diri sendiri. Ini seperti satu langkah maju, bicara negatif pada diri sendiri, lalu mundur dua langkah.

Ke mana pun Anda ingin pergi dalam hidup, apa pun yang ingin Anda lakukan, sangat penting bagi Anda untuk menjadi sahabat Anda sendiri terlebih dahulu. Mengapa repot-repot dengan keraguan diri dan kebencian? Lihat di mana mereka menangkapmu?

Letakkan mereka di belakang Anda, mereka belum melayani tujuan yang berguna sampai sekarang dan mereka tidak akan melayani tujuan yang berguna di masa depan. Yang mereka lakukan hanyalah membuat Anda terjebak dalam lingkaran negatif dan keraguan diri yang terus-menerus.

Dalam situasi apa Anda berbicara negatif terhadap diri sendiri? Mungkin Anda membuat kesalahan di tempat kerja dan berkata pada diri sendiri ‘Saya bodoh, saya selalu melakukan ini’?

Atau mungkin suatu hari Anda meninggalkan rumah dan lupa membawa beberapa dokumen penting? Apakah Anda mengingatkan diri sendiri bahwa Anda adalah ‘orang tidak berguna yang selalu melupakan sesuatu’? Atau mungkin Anda mengatakan sesuatu yang lebih parah?

Apa gunanya berbicara pada diri sendiri seperti ini? Anda pada dasarnya memukuli diri sendiri (setidaknya secara mental). Apakah Anda merasa lebih baik saat melakukan ini?

Sepertinya Anda memiliki keyakinan yang mendalam bahwa Anda adalah seorang idiot, dan bahwa peristiwa ini (apa pun itu) baru saja membuktikannya benar.

Itu tidak berguna dan tidak membawamu kemana-mana. Sebaliknya itu hanya membuat Anda merasa negatif dan buruk tentang diri Anda sendiri.

Di zaman sekarang ini, waktu tidak menunggu siapa pun; untuk menjadi sukses Anda harus berada di pihak Anda sendiri. Anda perlu terus mendukung diri sendiri melalui semua yang Anda lakukan, penting untuk memuji diri sendiri ketika Anda membuat kemajuan (betapapun kecilnya) dan tidak mencaci-maki diri sendiri ketika ada yang salah.

Ingat ini jika Anda mengalami hari yang buruk, atau hal-hal tidak berjalan dengan baik untuk Anda, jangan menyalahkan diri sendiri, Anda berada di jalan, Anda memiliki tujuan, jangan kesal dengan hal-hal kecil dalam hidup, tidak ada apa-apa benar-benar buruk.

Jangan biarkan orang lain mendefinisikan kebahagiaanmu. Hanya Anda yang mengontrol apakah Anda bahagia atau tidak, tidak ada orang lain.

Hidup bisa cukup sulit tanpa Anda menjadi musuh terburuk Anda sendiri. Selalu menjadi teman terbaik Anda sendiri. Belajarlah untuk menerima diri Anda apa adanya setiap saat.

 

Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *