3 Manfaat Psikologis dari Tidur Siang

Manfaat tidur siang

Adaptasi dengan kehidupan modern sepanjang sejarah berarti bahwa manusia telah kehilangan kebiasaan menjadi polifasik ketika harus tidur. Faktanya, tampaknya ada bukti bahwa, seperti dunia hewan lainnya, manusia purba juga berganti-ganti siklus tidur dan bangun sepanjang hari.

Ada banyak penelitian yang tampaknya menunjukkan bahwa tidur siang setelah makan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pikiran. Oleh karena itu, tidur siang akan memiliki efek menguntungkan pada kesejahteraan Anda dan dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, atau produktivitas Anda.

Asal usul tidur siang

Bagi beberapa ahli tentang masalah ini, tidur siang berasal dari abad ke-11 dan berasal dari salah satu aturan ordo biara Santo Benediktus: istirahat dan ketenangan pada jam keenam (kanonik), yang merupakan periode waktu antara dua belas dan ketiganya. Norma ini mengacu pada agama yang harus pergi ke tempat tidur dalam keheningan total untuk beristirahat dan mendapatkan kembali energi untuk sisa hari itu.

Di situlah kata “sexting” atau “menyelamatkan keenam” berasal. Seiring waktu, kebiasaan ini menyebar dan diadopsi oleh biara-biara lain dan masyarakat umum. Meskipun tampaknya hanya tradisi Spanyol, tidur siang juga hadir di beberapa bagian Eropa selatan dan Amerika Latin, di Cina, Taiwan, Filipina, atau India.

Tidur siang juga tampaknya memiliki asal fisiologis, karena merupakan konsekuensi alami dari penurunan darah setelah makan berlebihan, yang menyebabkan kantuk .

Manfaat tidur siang

Tidur sangat penting untuk kesehatan yang baik. Karena banyak penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis, beberapa perusahaan seperti Google, Nike, AOL atau The New York Times memberikan waktu kepada karyawannya agar mereka dapat tidur siang di kantor dengan kenyamanan maksimal.

The “napping” (‘siesta’ dalam bahasa Inggris) berfungsi untuk memulihkan energi dan suasana hati yang lebih baik. Perusahaan yang telah mengadopsi “budaya tidur siang” memiliki kursi berlengan atau bahkan tempat tidur di mana Anda dapat beristirahat sejenak.

Selanjutnya kita akan menemukan dengan tepat apa saja dua efek menguntungkan dari tidur siang untuk kesehatan mental kita.

1. Tingkatkan memori

Universitas Haifa (Israel) dan Laboratorium Tidur Pusat Medis Sheba (Tel Aviv) telah menunjukkan bahwa tidur siang membawa manfaat bagi ingatan . Studi ini, bekerja sama dengan peneliti dari Departemen Psikologi di University of Montreal (Kanada), menyimpulkan bahwa tidur siang memiliki peran penting dalam konsolidasi memori dan pembelajaran .

2. Tingkatkan kemampuan Anda untuk belajar

Melengkapi efek positif pada memori Anda, tidur siang juga memiliki efek positif pada kemampuan Anda untuk belajar. University of California memberikan bukti bahwa dengan mengistirahatkan pikiran kita saat tidur siang, kita membantu otak kita untuk mempelajari lebih banyak hal setelah bangun tidur .

Sejalan dengan itu, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard dan Universitas New York menemukan bahwa tidur siang sebentar dapat meningkatkan memori dan pembelajaran, tetapi juga memiliki efek positif pada suasana hati .

3. Tidur siang dan bekerja lebih baik

Menurut penelitian NASA, tidur siang meningkatkan kewaspadaan, kinerja, mengurangi kesalahan dan kecelakaan di tempat kerja. Dalam penelitian yang dilakukan pada pilot dan astronotnya, ditemukan bahwa tidur siang selama 26 menit mampu meningkatkan kinerja hingga 35% dan kewaspadaan hingga 55%.

Jika “tunda” adalah 40 menit, ini meningkatkan kewaspadaan hingga 100%. Perhatian dan waktu reaksi juga tampaknya mendapat manfaat dari tidur siang menurut sebuah studi oleh Kimberly Cote, seorang profesor dan neuropsikolog di Brock University. Menurut penelitian mereka, orang yang tidak memanfaatkan “momen relaksasi” ini mungkin merasa lebih lelah, memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk membuat keputusan yang buruk dan memiliki risiko lebih tinggi mengalami kecelakaan terkait pekerjaan . Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan pada periode segera setelah tidur siang, dan keadaan ini dapat berlangsung hingga beberapa jam kemudian di siang hari.

Beberapa tips untuk tidur siang yang baik

Yang ideal adalah tidur siang sebentar, sekitar 20 atau 30 menit. Kali ini cukup untuk mendapatkan manfaat dari kewaspadaan yang lebih baik dan peningkatan kinerja tanpa merasa pusing.

Untuk mencegah tidur siang mempengaruhi pola tidur di malam hari dan untuk menghindari komplikasi tidur di malam hari, sebaiknya tidur siang tidak terlalu siang.

Menjaga lingkungan saat tidur siang akan sangat mempengaruhi momen istirahat dan kemampuan untuk tertidur.

Untuk memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya, Anda harus mencari tempat yang nyaman, dengan sedikit cahaya, tanpa kebisingan, dan dengan suhu yang menyenangkan.

Alasan tambahan untuk menikmati tunda dari waktu ke waktu. 🙂

 

Gaya Hidup: 3 Manfaat Psikologis dari Tidur Siang

You May Also Like

About the Author: Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *