Memahami Penggunaan Kalimat Complex dalam Bahasa Inggris

kalimat complex dalam bahasa inggris

Penggunaan kalimat complex merupakan salah satu kunci penting dalam memperluas kemampuan bahasa Inggris. Dengan memahami struktur kalimat complex, kita dapat menyampaikan ide-ide yang lebih kompleks dan lengkap. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep complex sentences , perbandingannya dengan kalimat simple dan compound, serta pentingnya menguasai kemampuan menyusun kalimat complex dalam bahasa Inggris.

Pengertian Kalimat Complex

Kalimat complex adalah jenis kalimat yang terdiri dari satu klausa independen (main clause) dan satu atau lebih klausa terikat (subordinate clause). Klausa terikat tersebut memberikan informasi tambahan yang mendukung atau menjelaskan klausa independen. Contoh kalimat complex adalah:

  • “Although it was raining, they decided to go for a picnic.” (Walaupun hujan, mereka memutuskan untuk pergi piknik.)
  • “She studied hard because she wanted to pass the exam.” (Dia belajar keras karena dia ingin lulus ujian.)

Perbandingan dengan Kalimat Simple dan Compound

Kalimat Simple: Kalimat ini terdiri dari satu klausa independen tanpa klausa terikat.

Contoh: “She sings beautifully.” (Dia menyanyi dengan indah.)

Kalimat Simple Compound: Kalimat ini terdiri dari dua klausa independen yang dihubungkan dengan koordinatif seperti “and”, “but”, atau “or”.

Contoh: “She sings beautifully, and she dances gracefully.” (Dia menyanyi dengan indah, dan dia menari dengan anggun.)

Pentingnya Menggunakan Kalimat Complex

Behasa menggunakan kalimat complex memungkinkan kita untuk menyampaikan informasi dengan lebih rinci dan mendalam. Dengan menambahkan klausa terikat, kita dapat menyatakan hubungan sebab-akibat, kontras, waktu, atau kondisi antara berbagai ide dalam satu kalimat. Hal ini membuat tulisan atau pembicaraan kita menjadi lebih kaya dan terperinci.

Gabung ke EF EFEKTA English for Adults

Sambil mempelajari struktur kalimat complex dan berbagai aspek bahasa Inggris lainnya, Anda dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara menyeluruh dengan bergabung dalam EF EFEKTA English for Adults, kursus bahasa Inggris khusus dewasa. Temukan lebih banyak tentang produk ini di www.ef.co.id/englishfirst/adults/. EF EFEKTA English for Adults akan membantu Anda menguasai kalimat complex dan kemampuan bahasa Inggris lainnya dengan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

 

Memahami Penggunaan Kalimat Complex dalam Bahasa Inggris

You May Also Like

About the Author: Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *