Tiga Pilar Penopang Kesuksesan Bisnis StartUp

Penopang Kesuksesan Bisnis Start Up

Bisnis startup merupakan sebuah bisnis yang identik dengan kreatifitas dan penguasaan teknologi terkini. Sebuah bisnis masa depan yang sangat diminati anak muda potensial yang hidup di masa sekarang.

Namun apakah karena berhubungan dengan teknologi sebuah bisnis startup tidak perlu memiliki budaya dan etos kerja seperti bisnis konvensional? Jawabannya adalah masih perlu karena nyawa bisnis startup ini juga masih sama dengan bisnis pada umumnya yakni membesarkan perusahaan dan mencatatkan banyak keuntungan.

Tiga Pilar Penopang Kesuksesan Bisnis StartUp

Kata Startup adalah berasal dari serapan dari Bahasa Inggris yang berarti bisnis yang baru saja dirintis atau bisnis rintisan. Dengan kata lain, startup artinya perusahaan yang baru masuk atau masih berada pada fase pengembangan atau penelitian untuk terus menemukan pasar maupun mengembangkan produknya.

Salah satu alasan mengapa disebut startup adalah memiliki perkembangan bisnis yang cepat. Hal ini karena poin-poin sebelumnya yaitu, karena adanya inovasi, go mobile, pemanfaatan teknologi, mudah beradaptasi, hingga adanya investor, menjadikan startup dapat berkembang secara pesat.

Apa sajakah pilar penopang kesuksesan bisnis startup tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

MEMILIKI LANDASAN BISNIS YANG KUAT

Sebuah perusahaan startup yang baik adalah yang memiliki landasan bisnis yang kuat, landasan bisnis meliputi berbagai hal yang akan menopang pembangunan hingga pengelolaan bisnis hingga mendapat landasan yang kuat. Beberapa landasan bisnis tersebut seperti mengenali calon consumer produk nantinya, apakah kebutuhan mereka akan teratasi dengan produk yang dimiliki, apakah bisa menjadi solusi atas produk yang di kembangkan.

Jika jawaban ini benar maka kemungkinan bisnis sangat potensial untuk dikembangkan, setelah mendapatkan spesifikasi produk yang unggul barulah jual produk ke target pasar yang tepat sesuai dengan segmen bisnis yang kita bidik. Setelah penjualan berjalan dengan baik, “ikat” manajemen yang sudah ada dengan rekrutmen dan pola kesejahteraan dan pengembangan perusahaan yang baik agar SDM yang berkualitas tetap terjaga.

MEMILIKI ORANG KREATIF PEMOLES PERUSAHAAN

Orang kreatif yang bergabung dalam sebuah perusahaan start up adalah orang yang akan mengurusi berbagai hal seperti desain, citra, inovasi terkait dengan produk start up yang dimiliki.

Orang-orang yang tergabung dalam divisi kreatif inilah yang akan menciptakan desain produk seperti apa, citra produk yang di tampilkan ke konsumen dan relasi bagaimana dan inovasi-inovasi apa saja yang akan dilakukan demi menciptakan sebuah inovasi kreatif dalam perusahaan startup. Citra, kemasan dan penjualan produk akan tergantung dengan divisi kreatif sehingga di perlukan orang-orang kretif yang bisa di andalkan.

MEMILIKI PEKERJA INTI YANG HANDAL

Pekerja inti adalah orang berada dalam posisi krusial dalam membangun perusahaan, jika perusahaan startup Anda bergerak dalam bidang teknologi informasi maka pekerja inti ini biasanya programmer yang handal dengan berbagai koding yang dibutuhkan.

Pekerja inti akan mengeksekusi produk hingga mendapatkan hasil akhir yang di inginkan. Carilah pekerja inti yang tidak hanya piawai dalam menghandle pekerjaan namun juga mampu diajak kerjasama dan memberikan komunikasi yang baik sehingga bisa didapatkan keputusan yang sesuai dengan divisi lainnya.

Itulah beberapa pilar landasan yang akan menopang kesuksesan sebuah bisnis start up, jika Anda memiliki pertanyaan terkait pengembangan startup atau ada hal menarik yang bisa di berikan, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar yang tersedia.

 

Tiga Pilar Penopang Kesuksesan Bisnis StartUp

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *