Berani Bereksperimen dengan Ide Sendiri

Berani Bereksperimen dengan Ide Sendiri

Kreativitas adalah menciptakan, bereksperimen, tumbuh, mengambil risiko, melanggar aturan, membuat kesalahan, dan bersenang-senang. ~ Mary Lou Cook ~

Kualitas luar biasa yang ingin Anda kembangkan dalam diri Anda, jika Anda ingin mengalami lebih banyak kepuasan dalam hidup, adalah kemauan atau keberanian untuk bereksperimen. Ini adalah salah satu kualitas kunci dari orang-orang yang sangat kreatif.

Padahal, tanpa kualitas ini, banyak penemuan, karya kreatif, dan banyak lagi yang tidak akan pernah terwujud. Mereka hanya akan menyimpan ide-ide di benak orang-orang. Dan sebagai hasilnya, kita tidak akan mendapat manfaat dari mereka.

Maksud saya, pikirkan apa yang akan terjadi jika Thomas Edison (yang memiliki lebih dari seribu penemuan atas namanya) berhenti bereksperimen setelah upayanya yang ke-50 (atau lebih) untuk menciptakan bola lampu? Atau jika dia tidak bereksperimen sama sekali? Nah, kita tidak akan memiliki bola lampu hari ini, bukan? Dan itu berlaku untuk banyak hal lain yang sekarang kita nikmati.

Tentu saja, selain kemauan untuk bereksperimen, Anda perlu menyadari faktor-faktor penting lainnya yang harus ikut bermain saat bereksperimen. Apa yang saya maksud? Nah, itu juga penting ketika bereksperimen bahwa:

  • Anda menghindari berprasangka terhadap hasilnya (atau menghindari menghibur segala macam pikiran negatif). Dan Anda menghindari kekhawatiran tentang hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan. Sebaliknya, Anda melakukan bagian Anda dengan bereksperimen dan kemudian menyerahkan hasilnya sepenuhnya kepada Tuhan.
  • Anda tetap dalam keadaan sangat fokus (di mana tidak ada hal lain yang penting kecuali tugas yang ada).
  • Anda membuat tujuan untuk menikmati proses (memutuskan sebelumnya bahwa Anda akan melakukan yang terbaik untuk menikmati, atau bersenang-senang, bereksperimen – dengan kata lain, memutuskan untuk tidak mengambil sesuatu terlalu serius – membuat perbedaan besar, karena menempatkan Anda dalam keadaan memberdayakan).
  • Anda bersedia untuk membuat kesalahan … bahkan jika itu berarti Anda harus terlihat canggung atau bodoh di kali (Thomas Edison dikatakan telah melakukan ribuan upaya sebelum akhirnya menemukan bola lampu … dan dia mencapai tujuannya meskipun mengecewakan perkataan orang lain).
  • Anda percaya (tanpa sedikit pun keraguan) bahwa pada akhirnya Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan (kepercayaan adalah kekuatan yang sangat kuat).
  • Anda bertahan dalam bereksperimen meskipun ada hambatan internal dan eksternal.

Strategi bagus lainnya yang dapat Anda gunakan adalah membiasakan mengajukan pertanyaan seperti berikut, setiap kali Anda menemukan ide: “Bagaimana jika saya melakukan ini?” Atau, “Apa yang akan terjadi jika saya melakukan ini?” Atau, “Bagaimana jika saya… (maka selesaikan saja pertanyaan berdasarkan situasi Anda)?”

Pertanyaan yang dimulai dengan “Bagaimana jika…?” atau “Apa yang akan terjadi jika…?” adalah pertanyaan yang kuat. (Anda tahu, pertanyaan-pertanyaan semacam itu juga memotivasi Anda untuk ingin mengetahui apa yang akan terjadi…untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda.)

Saya tidak dapat cukup menekankan pentingnya mengembangkan kualitas ini dalam diri Anda…kemauan – keberanian – untuk bereksperimen. Melihat kembali kehidupan saya sendiri, seandainya saya tidak bereksperimen sebanyak yang saya lakukan, banyak ide yang ada dalam pikiran saya akan tetap seperti itu … hanya ide.

Itu sebabnya saya sangat menganjurkan eksperimen. Saya tidak hanya tahu bahwa itu berhasil, saya juga tahu bahwa itu sangat bermanfaat. (Perasaan yang luar biasa melihat sebuah ide—sesuatu yang dulu hanya ada di kepala Anda—berubah menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain.)

Sekali lagi, ingat saja, tidak cukup hanya mau bereksperimen. Penting juga agar Anda tidak menyerah ketika ada penolakan (penolakan dari dalam diri sendiri atau dari luar diri Anda…misalnya, umpan balik negatif dari orang lain). Karena jika Anda melakukannya, Anda tidak akan pernah mencapai hasil yang Anda inginkan.

Kegigihan adalah kualitas yang sangat penting. Bahkan, sangat penting sehingga Presiden Calvin Coolidge mengatakan sebagai berikut:

  • Tidak ada di dunia ini yang dapat menggantikan kegigihan.
  • Bakat tidak akan; tidak ada yang lebih umum daripada pria gagal dengan bakat.
  • Jenius tidak akan; jenius yang tidak dihargai hampir merupakan pepatah.
  • Pendidikan saja tidak akan; dunia ini penuh dengan orang terlantar yang berpendidikan.
  • Ketekunan dan tekad saja yang mahakuasa.

Jadi, izinkan saya bertanya kepada Anda: Apa yang sudah lama bermain-main di kepala Anda? (Atau akhir-akhir ini?) Ide apa yang telah Anda tulis? Atau diketik di komputer Anda? Apa yang ingin Anda lihat terwujud sehingga orang lain bisa mendapat manfaat?

Jika kritikus batin Anda mencoba menahan Anda, saya sarankan Anda mengabaikannya sepenuhnya.

Kemudian lanjutkan dan bereksperimen, bereksperimen, bereksperimen. (Faktanya, jadilah orang yang terus-menerus bereksperimen. Jadilah “eksperimen.”) Dan lihat seberapa jauh Anda bisa melangkah dengan ide-ide Anda.

Saya dapat berjanji kepada Anda bahwa imbalan emosionalnya akan sangat besar.

 

Berani Bereksperimen dengan Ide Sendiri

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *