Menjadi Pribadi yang Lebih Kreatif

Menjadi Pribadi yang Lebih Kreatif

Apakah Anda ingin lebih kreatif tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Banyak dari kita berharap kita lebih kreatif dalam hidup kita. Bagaimana kita bisa menjadi lebih kreatif jika kita berpikir kita telah kehilangan semangat?

Bagi satu orang, menjadi lebih kreatif mungkin berarti mereka berharap bisa menjadi pelukis, musisi, penulis, penari, atau artis pertunjukan lainnya.

Namun, ini bukan gaya hidup praktis untuk semua orang. Tidak semua orang akan merasa realistis untuk merangkul kehidupan yang benar-benar kreatif dan artistik pada intinya.

Beberapa orang akan puas jika hanya memiliki lebih banyak ide kreatif, memiliki pandangan baru tentang kehidupan mereka.

Cara Menjadi Pribadi Kreatif

Berikut adalah beberapa cara di mana Anda dapat mengundang lebih banyak kreativitas ke dalam hidup Anda.

Jika Anda benar-benar ingin menjadi lebih kreatif, berkomitmenlah untuk menjadi orang yang kreatif. Setiap kali Anda menyadari bahwa Anda telah menemukan ide kreatif, tidak peduli seberapa kecil atau tidak penting tampaknya, hadiahi diri Anda sendiri. Beri diri Anda pujian internal. Ucapkan selamat kepada diri sendiri untuk ide kreatif itu!

Pastikan Anda menghadiri pertunjukan drama, konser, dan galeri seni. Jangan hanya secara mental mengkritik apa yang Anda lihat. Biarkan pikiran Anda merasa bahwa Anda dapat memahami apa yang coba diungkapkan oleh sang seniman. Biarkan diri Anda merasakannya secara emosional. Anda mungkin dapat menyerap beberapa niat artis dengan cara ini.

Bahkan jika Anda merasa seolah-olah Anda tidak memahami pekerjaan itu sama sekali, berpura-puralah selama beberapa saat bahwa Anda benar-benar memahaminya. Berpura-pura bahwa Anda benar-benar artis. Latihan ini akan memberi izin kepada pikiran Anda untuk menangkap kembali sebagian dari kemampuan masa muda Anda untuk berimajinasi jauh lebih kreatif daripada yang Anda lakukan sekarang.

Ikuti kelas di beberapa bidang kreatif atau artistik yang selalu menarik minat Anda. Jangan khawatir tentang apakah Anda memiliki bakat atau tidak. Pada tahap awal, Anda hanya perlu memberi diri Anda izin untuk menjelajah, dan gagal jika harus. Kegagalan bisa menjadi baik. Kegagalan dapat menyebabkan kesuksesan pada akhirnya.

Setiap kali Anda menyadari bahwa Anda memiliki ide kreatif terkecil, tulislah. Jelajahi itu. Beri diri Anda penghargaan karena memiliki ide kreatif. Jangan khawatir pada tahap awal ini apakah ide itu baik atau buruk. Cukup berlatih menjelajahinya dan mengembangkannya. Yang membedakan mereka yang sangat kreatif dengan mereka yang tidak kreatif adalah bahwa orang-orang kreatif berkomitmen untuk mengembangkan setiap aspek kreativitas mereka.

Berhentilah menjadi kritikus. Kritikus melakukan pelayanan yang sangat berguna dan valid bagi masyarakat, tetapi sikap kritis bisa menjadi ciuman kematian bagi seseorang yang ingin meningkatkan kreativitasnya. Jangan mengkritik orang lain, dan terutama jangan mengkritik upaya orang lain untuk menjadi kreatif.

Kreativitas adalah pola pikir, cara mendekati dunia dengan kebaruan dan kegembiraan. Anda perlu izin untuk bermain-main, menjadi unik, untuk menghormati perspektif Anda sendiri tentang apa yang Anda alami.

 

Menjadi Pribadi yang Lebih Kreatif

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *