Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkat Ekonomi

Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkat Ekonomi

Salah satu strategi pemasaran produk adalah menentukan target pasar dan segmentasi konsumen. Untuk itu, setelah membuat jenis produk yang akan dikembangkan, perlu ditentukan target dan segmentasi pasar yang akan dibidik. Segmentasi adalah pembagian konsumen berdasarkan kriteria tertentu.

Segmentasi pasar dimaksudkan untuk memudahkan fokus dalam mengenali konsumen yang akan membeli produk yang dijual. Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong segmentasi pasar adalah pembagian sebuah pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda.

Segmentasi pasar dapat dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, atau pun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.

Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkat Ekonomi

Pembagian yang sangat mudah adalah membagi pasar secara ekonomi, yaitu segmen atas yang memiliki daya beli tinggi, segmen menengah dengan daya beli sedang, dan segmen bawah yang berkantong tipis.

Namun, pengertian segmentasi tidak terbatas pada pembagian ekonomi saja, tetapi juga wilayah, misalnya daerah kota atau desa, berdasarkan usia (tua, muda, anak-anak), dan sebagainya. Masing-masing kelompok memiliki ciri dan kepentingan sendiri saat membeli produk.

Contoh Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkat Ekonomi

Kelompok Tingkat Ekonomi Atas

Kelompok yang secara otomatis memerlukan rasa yang enak, sanitasi yang higienis, bermanfaat bagi kesehatan, tidak memperdulikan harga, dan sangat sensitif.

Kelompok atas memang tidak banyak tetapi jika Anda menjual produk untuk kelas ini keuntungan yang didapatkan berlipat-lipat.

Kelompok Tingkat Ekonomi Menengah

Kelompok yang memiliki daya beli sedang, bertujuan memenuhi kebutuhan dasar dan gaya hidup. Pengemasan yang baik dan rasa yang enak menjadi kebutuhan yang sangat diperhatikan kelompok ini.

Mereka merupakan pembeli yang cukup setia dan tidak mudah berpindah jika merasa cocok dengan produk yang dijual.

Kelompok Tingkat Ekonomi Bawah

Merupakan kelompok dengan daya beli sangat terbatas, sangat sensitif dengan harga, alasan mendasar untuk memenuhi kebutuhan perut sehingga menginginkan kuantitas besar dengan harga terjangkau.

Kelompok ini merupakan kelompok pasar terbesar tetapi kurang setia jika ada produk yang lebih murah.

Segmentasi Pasar Lainnya

Selain segmentasi pasar berdasarkan tingkat ekonomi seperti di atas, ada beberapa pembagian kategori dalam pengadaan segmentasi pasar, antara lain:

  1. Segmentasi Pasar berdasarkan Geografi
  2. Segmentasi Pasar berdasarkan Demografi
  3. Segmentasi Pasar berdasarkan Psikografi
  4. Segmentasi Pasar berdasarkan Sosio kultural
  5. Segmentasi Pasar berdasarkan hubungan secara ekstrim
  6. Segmentasi berdasarkan situasi penggunaan
  7. Segmentasi berdasarkan benefit
  8. Segmentasi Pasar berdasar Tingkah Laku

Kesimpulan

Segmentasi pasar merupakan pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik, atau pun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu. Segmentasi pasar bisa juga diartikan sebagai pengidentifikasian analisis perbedaan para pembeli di pasar. Dan pembagian yang sangat mudah adalah membagi pasar berdasarkan tingkat ekonomi

 

Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkat Ekonomi

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *