Beradaptasi Dengan Dunia yang Serba Cepat Saat Ini

gaya hidup modern

Perubahan adalah konstan di dunia modern. Apa yang baru hari ini, besok sudah ketinggalan zaman. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi, arus informasi yang deras, proses globalisasi, pengetahuan yang lebih dalam yang memungkinkan manusia mengarahkan penemuannya ke arah penciptaan mesin dan alat baru yang memfasilitasi kehidupan di masyarakat.

Dengan cara ini, cara hidup modern dicirikan oleh transformasi yang konstan, hasil yang lebih cepat, lebih cepat, lebih banyak informasi, lebih banyak klarifikasi, merangsang kreativitas, kepraktisan – dan seterusnya.

Ini bagus, tetapi juga memiliki kekurangannya. Salah satunya adalah kesulitan dalam mengikuti semua perubahan ini dan menyesuaikan diri dengan gaya baru. Lihat cara melakukannya!

Beradaptasi sedikit demi sedikit

Semakin besar kemajuan teknologi dan semakin besar kota (seperti São Paulo ), semakin banyak kecepatan yang dituntut dari orang-orang. Kecepatan dalam lalu lintas, pekerjaan, hubungan, studi. Sulit untuk mengikuti semua kecepatan itu tanpa membuat diri Anda lelah dan stres.

Gaya hidup modern , terlepas dari kecepatannya, membutuhkan adaptasi bertahap. Rekomendasinya adalah agar orang melakukan terapi individu dan kelompok untuk berbagi masalah dan kesulitan mereka.

Yang benar adalah bahwa perlu mempersiapkan diri secara psikologis untuk hidup dalam masyarakat yang serba cepat dan sibuk. Ingatlah bahwa adaptasi tidak hanya emosional, tetapi juga fisik, karena tubuh kita sangat menderita dari kondisi dunia modern.

Sindrom Adaptasi Umum

Spesialis stres Hans Selye telah membuktikan bahwa tubuh bereaksi baik terhadap stresor fisik (dingin, panas, kebisingan, pengerahan tenaga) dan stres psikososial. Sindrom Adaptasi Umum terdiri dari tiga fase:

  1. Reaksi alarm;
  2. Fase resistensi (karena paparan terus menerus terhadap faktor-faktor yang menyebabkan stres, serangkaian masalah muncul dalam tubuh: hipertrofi, atrofi timus, leukositosis, bisul);
  3. Fase kelelahan (jika paparan terlalu parah, dapat terjadi masalah adaptasi yang serius, yang menyebabkan perubahan pada fase alarm, kelelahan yang intens, dan bahkan kematian).

Tetapi setiap individu dapat bereaksi berbeda terhadap tuntutan gaya hidup modern , tergantung pada kerentanan pribadi mereka. Dalam terapi individu, adalah mungkin untuk mengambil langkah-langkah yang dipersonalisasi untuk adaptasi.

Mengurangi hambatan dalam gaya hidup modern

Misalnya, memiliki kendaraan sendiri dapat menjadi solusi yang baik untuk menghindari keterbatasan dan masalah transportasi umum. Strategi efisien lainnya adalah tinggal dekat dengan tempat kerja , yang menguntungkan perpindahan karyawan dan penghematan finansial (karena biaya bahan bakar/perjalanan akan dihemat).

Memilih lingkungan dengan kualitas hidup yang tinggi juga sangat membantu. Seringkali, penduduk tempat-tempat ini mengembangkan kebiasaan yang tidak selalu membuat stres seperti kebiasaan standar gaya hidup modern .

Ada banyak upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman yang terlindung dari pengaruh berbahaya dunia saat ini (kecepatan berlebihan, kekerasan, polusi, dan paparan penyakit psikosomatik). Sepanjang garis ini, ada kondominium paling pribadi, dengan kontak yang lebih intim dengan alam dan banyak pilihan rekreasi dan belanja, menghilangkan seringnya keberangkatan penduduk.

Pilihan lain adalah tinggal di apartemen yang lebih dekat dengan pertokoan , yang memfasilitasi perpindahan dan mengurangi kebutuhan untuk terburu-buru.

Cara lain untuk beradaptasi adalah dengan memanfaatkan teknologi di berbagai sektor kehidupan, terutama di tempat kerja, sebagai sumber daya digital dan peralatan canggih yang merampingkan kegiatan, menawarkan hasil yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas, membuat segalanya lebih mudah bagi penggunanya. Ini adalah “teknologi pencegahan”, yang membuat adaptasi dengan gaya hidup modern tidak terlalu berbahaya bagi individu.

4 Alasan Seseorang Merasa Jenuh Bekerja Ingin Resign

Bagaimana perasaan Anda tentang percepatan dunia saat ini? Apakah Anda merasa itu sementara dan terlalu menegangkan? Tinggalkan Komentar Anda! Bicara tentang bagaimana Anda menyesuaikan diri dengan gaya hidup modern dan lihat lebih banyak tips kualitas hidup di blog kami!

 

Gaya Hidup: Beradaptasi Dengan Dunia yang Serba Cepat Saat Ini

You May Also Like

About the Author: Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *