Faktor-faktor Pengambilan Keputusan Pembelian

Keputusan Pembelian

Keputusan pembelian adalah tindakan konsumen dalam usaha memenuhi keinginan dan kebutuhan yang merupakan proses penentuan sikap atau pembelian barang dan jasa. Keputusan pembelian terhadap suatu produk sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen. Untuk itu produsen dalam melakukan penjualan umumnya memperhatikan bauran pemasaran, promosi dan brand image karena merupakan faktor umum yang mempengaruhi keputusan pembelian.

Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian

Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen untuk mengambil keputusan antara lain:

1. Produk

Produk adalah elemen kunci dalam keseluruhan penawaran pasar. Perencanaan bauran pemasaran dimulai dengan merumuskan penawaran yang memberikan nilai bagi pelanggan sasaran. Produk adalah semua hal yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk menarik perhatian, akusisi, penggunaan, atau konsumsi yang dapat memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan.

Pendapat lain mengatakan bahwa produk adalah sekumpulan atribut yang nyata (tangible) dan tidak nyata (intangible) didalamnya sudah tercakup warna, harga, kemasan, prestive pabrik, prestive pengecer dan pelayanan dari pabrik serta pengecer yang mungkin diterima oleh pembeli sebagai sesuatu yang bisa memuaskan keinginannya.

Hasil penelitian Fauzan Octa Maulana (2014) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Clothing Blackjack Industries Bandung dengan variabel penelitian Variabel Independen (Kualitas Produk) dan Variabel Dependen (Keputusan Pembelian) dengan alat analisis Analisis Regresi linier sederhana sehingga hasil penelitiannya adalah Kualitas Produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Clothing Blackjack Industries Bandung.

Berdasarkan teori dan penelitian terdahulu, maka dapat dikemukakan hipotesis sebagai berikut : Produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian

2. Harga

Harga adalah jumlah semua nilai yang diberikan oleh pelanggan untuk mendapatkan keuntungan dari memiliki atau menggunakan sebuah produk atau jasa. Harga adalah satu-satunya elemen bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan, sedangkan elemen bauran pemasaran lainnya melambangkan biaya. Penetapan harga yang baik dimulai dengan pemahaman menyeluruh dari nilai yang diciptakan suatu produk atau jasa bagi para pelanggan.

Hasil penelitian Juni Riantro Lumbanbatu (2009) Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bioskop 21 Sun Plaza Medan dengan variabel penelitian Variabel Independen (Harga dan Promosi Penjualan) dan Variabel Dependen (Keputusan Pembelian) dengan alat analisis Analisis Regresi Berganda sehingga hasil penelitiannya adalah Penetapan Harga dan Promosi Penjualan secara simultan dan parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Pada Bioskop 21 Sun Plaza Medan.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dikemukakan hipotesis sebagai berikut : Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

3. Promosi

Promosi adalah bagian dari bauran pemasaran yang besar peranannya. Promosi merupakan kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan perusahaan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.

Karena itu promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi agar melakukan pertukaran dalam pemasaran. Kegiatan dalam promosi ini pada umumnya adalah periklanan, personal selling, promosi penjualan, pemasaran langsung serta hubungan masyarakat dari publisitas.

Hasil penelitian Roni Martua Simarmata (2015) Pengaruh Promosi Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Toyota Yaris Pada Auto 2000 Cabang Gatot Subroto Medan dengan variabel penelitian Variabel Independen (Promosi Dan Potongan Harga) dan Variabel Dependen (Keputusan Pembelian) dengan alat analisis Analisis Regresi Berganda sehingga hasil penelitiannya adalah Pengaruh Promosi Dan Potongan Harga secara simultan dan parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Toyota Yaris Pada Auto 2000 Cabang Gatot Subroto Medan.

Berdasarkan teori dan hasil dari penelitian terdahulu, maka dapat dikemukakan hipotesis sebagai berikut : Promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

4. Brand Image

Image atau citra adalah realitas, oleh karena itu jika komunikasi pasar tidak cocok dengan realitas, secara normal realitas akan menang. Citra akhirnya akan menjadi baik, ketika konsumen mempunyai pengalaman yang cukup dengan realitas baru. Realitas baru yang dimaksud yaitu bahwa sebenarnya organisasi bekerja lebih efektif dan mempunyai kinerja yang baik.

Hasil penelitian Xamuel Adhi Pangestu Luckita (2015) Pengaruh Citra Merek dan Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Mobil Merek Mitsubishi pada Masyarakat Kota Medan dengan variabel penelitian Variabel Independen (Citra Merek dan Bauran Promosi) dan Variabel Dependen (Minat Beli) dengan alat analisis Analisis Regresi Berganda sehingga hasil penelitiannya adalah Pengaruh Citra Merek dan Bauran Promosi secara simultan dan parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli Mobil Merek Mitsubishi pada Masyarakat Kota Medan.

Berdasarkan teori dan hasil dari penelitian terdahulu, maka dapat dikemukakan hipotesis sebagai berikut : Brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Kesimpulan

Bauran pemasaran merupakan unsur utama dalam pemasaran, yang menghasilkan pendapatan dari penjualan produk dan juga menentukan nilai suatu produk. Biaya, keuntungan, persaingan dan perubahan keinginan pasar merupakan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga suatu produk. Untuk bauran promosi dalam hal ini merupakan sarana komunikasi. Dengan adanya komunikasi, konsumen akan mengetahui produk yang dipasarkan oleh produsen.

Promosi sangat diperlukan oleh setiap perusahaan karena tingkat persaingan yang tajam antar perusahaan dalam berbagai industri, jumlah konsumen potensial yang semakin meningkat dan digunakan untuk mempertahankan penjualan di masa resesi.

Promosi bertujuan untuk memodifikasi tingkah laku, memberitahu, membujuk dan mengingatkan. Umumnya promosi yang diterapkan meliputi periklanan, penjualan perorangan, promosi dan penjualan publisitas.

Bauran pemasaran terakhir yaitu distribusi sebagai suatu serangkaian organisasi yang saling tergantung dan terlibat dalam proses untuk menjadikan suatu produk/jasa siap untuk digunakan atau komunikasi.

Pada dasarnya, konsumen akan lebih mudah mengambil keputusan pembelian yang sifatnya pengulangan atau terus menerus terhadap produk yang sama. Apabila faktor-faktor yang mempengaruhinya berubah, maka konsumen akan melakukan pertimbangan kembali dalam keputusan pembeliannya.

Informasi tentang bisnis lainnya bisa dibaca di https://www.lenterabisnis.com

 

Faktor-faktor Pengambilan Keputusan Pembelian

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *