Pengertian Filsafat dalam Pandangan Para Pakar

Pengertian Filsafat

Makna filsafat telah banyak diutarakan oleh banyak pakar dengan memakai uraian yang beda di antara mereka. Meski begitu, pengertian yang dikatakan oleh beberapa pakar filsafat itu dapat dikatakan betul lantaran filsafat tersebut ialah sebuah pertanyaan dan bukan pengakuan. Maksudnya, dalam filsafat, pencarian/pelacakan akan kebijakan atau ilmu dan pengetahuan itu tidak akan tuntas

Filsafat dalam Pandangan Para Pakar

Menurut laman lenterakecil.com, disebutkan secara semantik, arti filsafat berawal dari 2 kata bahasa Yunani adalah philosophia. Kata philos bermakna suka, cinta ke suatu hal, sedang kata shopia memiliki arti kebijakan atau pengetahuan.

Pada bahasa Inggris kata filsafat dimaksud dengan philosophy, sedang ke bahasa Arab disebutkan dengan falsafah.

Lepas dari itu,seluruh, karena itu, secara harfiah, pemahaman filsafat bisa didefinisikan cinta kebijakan, cinta kearifan (love of wisdom) atau cinta pengetahuan.

Dalam kondisi filsafat, menyukai kebijakan atau pengetahuan itu disinyalir dengan mempersoalkan suatu hal.sebuah hal. Dan buat menjawab kadangkala butuh penilaian yang dalam, atau berbentuk yang fundamental, krisis, serius dan komplet, maka dari itu dibutuhkan penilaian dalam dengan mengikutsertakan pelbagai aspek berkaitan.

Arti Filsafat Menurut Sebagian Ahli

Berikut di bawah ini sebagian Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli filsafat yang cukup terkenal, antara lain:

Plato (427 sM – 347 s.M) menyampaikan kalau filsafat merupakan pengetahuan perihal semua yang ada, pengetahuan yang ingin sampai kebenaran yang asli;

Al- Farabi (872 – 951) mengucapkan jika filsafat merupakan ketahui semuanya yang bentuk lantaran dia bentuk (al’ pengetahuan bi al maujuddat bima hiya maujudah).

Francis Bacon (1561-1621), yang termasyhur dengan kegigihannya membela metoda induksi yang menurut penilaian dan uji-coba untuk mendapatkan kebenaran dalam ilmu dan pengetahuan, menuturkan jika fisafat selaku ibu yang agung dari beberapa ilmu (the great mother of the sciences).

Tentu masih ada banyak pemahaman filsafat menurut beberapa pakar filsafat selainnya dari yang telah dijelaskan di atas.Ketidaksamaan pemahaman dan rumusan mengenai filsafat itu bisa karena:

  • berbedanya konotasi filsafat pada beberapa tokoh,
  • terdapatnya ketidaksamaan kepercayaan hidup yang diyakini mereka,
  • perubahan filsafat tersebut yang sebabkan sejumlah pengetahuan khusus pisahkan diri dari filsafat.

 

Pengertian Filsafat dalam Pandangan Para Pakar

You May Also Like

About the Author: Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.