Kumpulan Artikel Kesukaan di Blog

Kumpulan Artikel Kesukaan di Blog

Ada banyak pengetahuan dan informasi di dunia maya. Salah satu tempat adalah melalui blog atau website. Berikut ini tentang topik yang top di beberapa blog yang bisa menjadi sumber informasi dan pengetahuan buat Anda.

Rasi Bintang: Astronomi Peradaban Kuno

Pembauran antara titik-titik yang membentuk konstelasi adalah arbitrer, yakni ia tidak menanggapi pertanyaan astronomi tertentu, melainkan dengan kriteria manusia. Namun, rasi bintang menjadi bagian mendasar dari komunikasi astronomi peradaban purbakala.

Orang-orang lama yang membuat tulisan pertama pada rasi bintang adalah peradaban Timur Tengah dan Mediterania. Banyak rasi bintang diidentifikasi oleh kultur tertentu, yang tidak berarti bahwa orang lain mengenalinya. Ada rasi bintang orang-orang Cina, pra-Columbus, Hindu, antara lain. Saat ini, IAU (International Astronomical Union) mengakui 88 rasi bintang modern.

Rasi bintang bisa dilihat secara langsung ketika melihat langit malam, mereka selalu dalam posisi yang sama dan mampu dilihat lebih jelas di daerah dengan konsentrasi cahaya buatan dan polusi yang rendah. Meskipun bintang-bintang yang membentuk konstelasi yang sama tampaknya berada pada jarak yang pendek, realitasnya mereka dapat ditemukan jutaan kilometer dari satu sama lain.

Sumber: kelasdata.com – Rasi Bintang: Astronomi Peradaban Kuno

Teori Asal Usul Alam Semesta

Bersama waktu, metode ilmiah memungkinkan untuk menyelesaikan beberapa pertanyaan tersebut. Tanaman tumbuh karena mereka mendapatkan cukup sinar matahari dan nutrisi dari tanah dan air. Langit berwarna biru karena gelombang menyebar melalui atmosfer dan kita sakit karena ada mikroorganisme yang menyerang kita.

Justru saat ini sains mencoba mengungkap beberapa pertanyaan tertua yang ditanyakan manusia pada dirinya sendiri, dan salah satunya adalah apa asal usul alam semesta . Meskipun memiliki beberapa petunjuk, tapi masih tidak yakin bahwa tahu bagaimana menjawab pertanyaan tersebut dengan benar.

Sumber: kumauinfo.com – Teori Asal Usul Alam Semesta

Pengertian Mutualisme

Mutualisme adalahjenis hubungan antar spesies di mana dua atau lebih individu yang terlibat memperoleh keuntungan bersama melalui asosiasi yang menguntungkan. Jenis jalinan ini tidak menyebabkan kerusakan pada salah satu dan membuat kedua organisme yang terlibat melihat peningkatan kemampuan biologis mereka, yaitu, mereka memiliki kapasitas yang lebih besar untuk bertahan hidup dan bereproduksi.

Di antara makhluk hidup kita dapat menemukan berbagai jenis hubungan interspesifik, yaitu interaksi di mana anggota dari dua spesies atau lebih terlibat. Predasi, kerjasama, parasitisme dan komensalisme adalah beberapa contoh dari jenis interaksi ini. Jenis tautan interspesifik ini dapat dilihat sebagai semacam barter atau pertukaran biologis, di mana setiap spesies menawarkan dan menerima sesuatu. Tergantung pada apa yang diberikan dan apa yang diperoleh.

Sumber: diangemilang.com – Pengertian Mutualisme, Karakteristik dan Contohnya

Rumus Matematika Bangun Ruang

Banyak yang bilang jika matematika itu sulit.Sebenarnya banyak hal menyenangkan dan mudah sebenarnya dalam mendalami matematika, terlebih lagi materi dasar seperti halnya bangun ruang yang termasuk cukup mudah dipahami.

Beraneka ragam trik mudah menyelesaikan soal matematika dalam materi bangun ruang, pastinya ada beberapa trik maupun panduan dan dibekali dengan rumus-rumusnya tentunya. Nah bagi para guru, orang tua maupun siswa yang kesulitan memahami serta mengerjakan soal-soal latihan matematika sederhana, ada ulasan dasar lengkapnya sebagai salah satu bahan referensi dan panduan untuk mengenal Bangun Ruang.

Sumber: ruangpintar.com – Rumus Matematika Bangun Ruang.

Pilihan Materi Tenar Artikel Blog

Manajemen Data Referensi

Manajemen Data Referensi (MDR) menjadi bagian kunci dalam manajemen data induk. MDR menyajikan proses dan teknologi untuk mengenali, menyelaraskan, dan berbagi kumpulan data yang relatif statis dan dikodekan untuk “referensi” oleh banyak kelompok seperti: orang, sistem, dan domain data master lainnya. Sistem seperti itu menyajikan kontrol audit,tata kelola, proses, dan keamanan di sekitar domain data referensi.

Di sisi lain, sistem MDR juga mengelola pemetaan kompleks antara representasi data referensi yang berbeda dan domain data yang berbeda di seluruh perusahaan. Sebagian besar sistem MDR kontemporer juga menyediakan konektivitas, biasanya lapisan layanan arsitektur berorientasi layanan (juga dikenal sebagai: layanan mikro), untuk berbagi data referensi dengan aplikasi bisnis, analitik/ilmu data dan aplikasi dari pemerintahan.

Sumber: datareferensi.com – Manajemen Data Referensi

 

Kumpulan Artikel Kesukaan di Blog

You May Also Like

About the Author: Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *