Antara Bisnis dan Internet

Antara Bisnis dan Internet

Internet menawarkan kemungkinan baru yang radikal untuk menjalankan bisnis secara lebih efisien. Lihat saja apa yang dapat Anda lakukan sekarang yang tidak dapat Anda lakukan (atau lakukan dengan mudah) sebelumnya.

e-Commerce

Pengertian e-Commerce (electronic commerce) adalah kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

Kelebihan e-Commerce

Anda dapat menampilkan lebih banyak informasi tentang perusahaan dan produk Anda—dan menjualnya—di situs web yang beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Anda dapat membeli dengan lebih efektif karena Anda dapat menggunakan Internet untuk mengidentifikasi lebih banyak pemasok, mengajukan permintaan online , membeli di bursa pasar, dan berburu barang murah di pasar lelang online dan pasar barang bekas.

Anda dapat memesan, bertransaksi, dan melakukan pembayaran kepada pemasok dan distributor lebih cepat dan dengan biaya lebih rendah dengan menyiapkan ekstranet dengan mitra Anda.

Anda dapat merekrut lebih efektif menggunakan layanan daftar pekerjaan online dan wawancara email.

Anda dapat memberikan informasi dan pelatihan yang lebih baik kepada karyawan dan dealer Anda melalui Internet.

Anda dapat mengatur intranet untuk memfasilitasi komunikasi di antara karyawan Anda, serta antara mereka dan kantor pusat dan komputer mainframe Anda. Intranet dapat menampilkan buletin, informasi personalia, informasi produk, modul e-learning, kalender perusahaan, dan sebagainya.

Anda dapat mempromosikan produk Anda di wilayah geografis yang jauh lebih luas.

Anda dapat lebih efisien meneliti pasar, pelanggan, prospek, dan pesaing dengan memanfaatkan kekayaan informasi di Internet dan dengan melakukan kelompok fokus dan survei di Internet.

Anda dapat mengirim iklan, kupon, sampel, dan informasi kepada pelanggan yang meminta atau menargetkan.

Anda dapat menyesuaikan penawaran, layanan, dan pesan untuk setiap pelanggan.

Anda dapat secara substansial meningkatkan logistik dan operasi Anda menggunakan Internet.

Internet menyediakan platform baru yang brilian untuk berkomunikasi, membeli, dan menjual . Manfaatnya hanya akan tumbuh seiring waktu . Para pemimpin bisnis telah memuji potensinya:

Jack Welch dari GE menasihati orang-orangnya untuk menghasilkan lebih dari sekadar situs web: “Merangkul Net. Bawakan saya rencana bagaimana Anda akan mengubah bisnis Anda selain menambahkan situs Internet.”

John Chambers, CEO Cisco, bertujuan untuk Web-ify seluruh bisnis Cisco: “Setiap interaksi pelanggan yang disediakan oleh karyawan Cisco yang tidak menambah nilai bisnis harus diganti dengan fungsi berbasis Web.”

Bill Gates, CEO Microsoft, melihat Internet sebagai hal yang tak terpisahkan bagi perusahaan: “Internet bukan sekadar saluran penjualan. Perusahaan masa depan akan beroperasi dengan sistem saraf digital.”

Dengan merangkul Internet lebih awal, perusahaan telah sangat mengurangi biaya mereka dibandingkan dengan pesaing yang mengadopsi akhir:

Dell, dengan menjual komputer yang disesuaikan melalui telekomunikasi berbiaya rendah dan saluran Web, memiliki biaya bisnis yang jauh lebih rendah daripada HP/Compaq, IBM, dan Apple. Dell telah tumbuh dua kali lipat dari industri lainnya dan sekarang menjadi penjual komputer pribadi terkemuka di Amerika Serikat.

GE mengklaim telah menghemat ratusan juta dolar dari anggaran pembeliannya dengan membangun Jaringan Proses Perdagangan dan meminta produk melalui Internet.

Oracle menjalankan iklan yang mengklaim telah menghemat lebih dari satu miliar dolar dengan menggunakan sistem berbasis Internet dalam menjalankan bisnisnya sendiri.

Meskipun manfaat utama Internet banyak dan beragam, e-commerce dan bukan aplikasi lain yang paling menarik perhatian publik. E-commerce berarti kesempatan untuk mengubah Internet menjadi saluran penjualan.

 

Antara Bisnis dan Internet

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *