New Product Introduction (NPI)

New Product Introduction

New Product Introduction (NPI). Produk baru perlu dikembangkan dengan perencanaan dan tahapan yang matang. Kemajuan proses pengembangan dipantau dan dianalisa secara berkala untuk mengetahui kinerja setiap bagian yang tergabung dalam mengembangkan suatu produk baru ataupun pengembangan produk yang sebelumnya.

Produk baru yang sukses menuntut integrasi dari desain produk dan proses pengembangan strategi bisnis perusahaan dan produk. Masalahnya adalah seringnya jadwal pengembangan yang ditetapkan tidak sesuai dengan aktual. Mungkin disebabkan oleh banyaknya revisi atau perbaikan yang diperlukan. Atau bisa juga diakibatkan masalah internal antar bagian sehingga komunikasi menjadi terganggu dan hubungan antar tim menjadi kurang harmonis.

Walau pun tergolong unik, namun kondisi seperti ini sering terjadi bahkan di perusahaan yang sudah mapan. Pengembangan suatu produk baru umumnya berupa rantai panjang dengan melibatkan banyak bagian dengan ragam keahliannya. Apabila tahapan setiap proses tidak dipantau dengan semestinya maka time to market produk tersebut akan mengalami keterlambatan, dan kondisi seperti ini sangat tidak diharapkan.

New Product Introduction-NPI mengacu pada kelengkapan proses bisnis dan pengenalan suatu produk baru ke pasar yang ditargetkan. Secara keseluruhan ditetapkan standar dan identifikasi produk. Seperti peluang pasar, teknologi yang dikembangkan, rancangan desain dan perancangan sampai proses manufaktur, serta peluncuran produk tersebut ke pasar. NPI mengacu pada upaya melengkapi proses bisnis dan memperkenalkan produk baru ke pasar.

Dalam sejarah perkembangannya, proses NPI menjadi karakteristk divisi fungsional khusunya antara tiga tim inti pengembangan produk, bagian pemasaran (marketing), bagian teknik (engineering) serta bagian desain (design).

Sedangkan saat ini, NPI lebih sering terlihat sebagai cross-functional proses bisnis yang strategis mencakup kelompok mitra internal dan juga para penyalur eksternal atau vendor. Proses pengembangan produk adalah terutama terkait dengan konversi visi produk ke dalam fungsional menjadi produk nyata dan memungkinkan secara proses manufaktur.

Visi produk yang dituangkan dalam proses awal pengembangan menjadi acuan proses dan tahapan berikutnya. Pengembangan produk yang sukses adalah ketika keinginan pelanggan (customer need) diakomodasi pada produk baru dan diterjemahkan dalam visi produk. Dengan kecanggihan teknologi informasi seperti sekarang ini, seorang pimpinan proyek pengembangan produk akan dapat memantau kemajuan proses pengembangan secara online.

Proses NPI menjadi lebih mudah dalam apkilasinya di lapangan. Apabila terjadi keterlambatan atau penyimpangan dari schedule yang ditetapkan dapat segera diketahui bagian atau departemen atau bahkan personal yang menyebabkan keterlambatan tersebut.

sumber: hardipurba.com

 

New Product Introduction (NPI)

You May Also Like

About the Author: Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.