Metode Pendidikan Feldenkrais

Metode Feldenkrais adalah sistem pendidikan yang memungkinkan tubuh untuk bergerak dan berfungsi lebih efisien dan nyaman. Tujuannya adalah untuk mendidik kembali sistem saraf dan meningkatkan kemampuan motorik. Sistem ini dapat mencapai lebih banyak lagi, mengurangi tekanan pada sendi dan titik lemah, dan memungkinkan tubuh untuk menyembuhkan cedera regangan berulang.

Penggunaan metode yang berkelanjutan dapat menghilangkan rasa sakit dan mengarah pada standar pencapaian yang lebih tinggi dalam olahraga, seni bela diri, menari, dan disiplin fisik lainnya.

Murid diajarkan untuk menyadari gerakan mereka dan menjadi sadar bagaimana mereka menggunakan tubuh mereka, sehingga menemukan kemungkinan area stres dan ketegangan. Tujuan Feldenkrais adalah membawa individu dari sekadar berfungsi, menjadi berfungsi dengan baik, bebas dari rasa sakit dan pembatasan gerakan. Feldenkrais sendiri menyatakan bahwa tujuannya adalah, “Untuk membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang mungkin menjadi mudah, dan yang mudah, elegan.”

Moshe Feldenkrais

Moshe Feldenkrais (1904–1984) adalah seorang fisikawan dan insinyur Israel kelahiran Rusia yang juga merupakan pemain sepak bola aktif dan master judo. Dia merancang sistemnya sebagai respons terhadap cedera lututnya yang berulang, yang telah membatasi gerakannya dan menyebabkan dia kesakitan dalam jangka waktu yang lama.

Feldenkrais percaya bahwa pola otot yang berulang menyebabkan bagian-bagian otak yang mengendalikan otot-otot itu juga tetap berada dalam pola yang tetap. Dia berpikir bahwa semakin banyak otot yang digunakan, semakin banyak bagian otak yang dapat diaktifkan.

Dia merancang metode untuk mendidik kembali sistem neuromuskular dan mengevaluasi kembali gerakan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi stres, menggunakan pengetahuannya tentang mekanik dan teknik, dan menerapkan beberapa pelatihan seni bela dirinya.

Manfaat Metode Feldenkrais

Metode pendidikan ulang sistem saraf ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, termasuk atlet, anak-anak, orang tua, seniman bela diri, mereka yang cacat, orang dengan kebutuhan khusus, dan mereka yang menderita penyakit degeneratif. Ini juga terbukti populer di kalangan seniman, terutama musisi, beberapa di antaranya telah menggunakan Feldenkrais untuk meningkatkan kinerja mereka.

Persekutuan Feldenkrais Amerika Utara (FGNA) menyatakan bahwa lebih dari setengah dari mereka yang beralih ke praktisi Feldenkrais mencari bantuan dari rasa sakit. Banyak orang yang mengalami rasa sakit akibat cedera mengkompensasi dengan mengubah gerakan mereka untuk membatasi rasa sakit. Seringkali gerakan yang berubah ini tetap ada setelah rasa sakit dari cedera asli hilang, dan rasa sakit baru dapat terjadi.

Feldenkrais membantu siswa menjadi sadar akan perubahan gerakan dan memungkinkan mereka mempelajari gerakan baru yang menghilangkan rasa sakit mereka. Terlepas dari manfaat fisik yang jelas dari gerakan yang lebih efisien dan kebebasan dari rasa sakit dan pembatasan, praktisi Feldenkrais menegaskan bahwa ada manfaat positif lainnya untuk kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan.

Feldenkrais dapat menghasilkan peningkatan kesadaran, fleksibilitas, dan koordinasi, dan relaksasi yang lebih baik. Praktisi Feldenkrais juga mencatat manfaat lain pada siswa mereka, termasuk peningkatan kesadaran, fleksibilitas, koordinasi, pernapasan, pencernaan, tidur, suasana hati, kewaspadaan mental, energi, dan rentang gerak, serta mengurangi stres dan hipertensi, dan lebih sedikit sakit kepala dan sakit punggung.

Infografis Metode Feldenkrais

Infografis Metode Feldenkrais

Musisi dan atlet dapat meningkatkan kinerja mereka dalam banyak cara ketika mereka belajar menggunakan tubuh mereka secara lebih efisien. Feldenkrais juga dapat membantu atlet yang cedera mendapatkan kembali potensi yang hilang dan membebaskan mereka dari rasa sakit dan pembatasan gerakan.

Ada banyak catatan tentang hasil luar biasa yang diperoleh ketika Feldenkrais diajarkan kepada anak-anak cacat sehingga mereka dapat belajar berfungsi meskipun memiliki keterbatasan. Orang cacat dapat belajar untuk memanfaatkan sepenuhnya potensi apa pun yang mereka miliki, dan untuk lebih percaya diri pada kemampuan mereka.

Praktisi yang mengkhususkan diri dalam mengajar Feldenkrais kepada mereka yang memiliki cacat dalam banyak kasus memungkinkan pasien untuk menemukan cara melakukan tugas yang sebelumnya dianggap mustahil bagi mereka.

Orang tua, yang gerakannya sering dibatasi oleh rasa sakit dan kekakuan, dapat belajar mengatasi hambatan ini dengan instruksi Feldenkrai. Dalam beberapa kasus bahkan kasus radang sendi yang parah telah ditaklukkan. Secara teoritis, Feldenkrais dapat memungkinkan tingkat energi yang diperbarui dan kebebasan dari pembatasan.

Deskripsi Metode Feldenkrais

Feldenkrais digambarkan sebagai sebuah sistem ganda, dengan dua komponen: “Kesadaran Melalui Gerakan” dan “Integrasi Fungsional.” Sistem ini bertujuan untuk mendidik kembali tubuh sehingga gerakan kebiasaan yang menyebabkan ketegangan atau rasa sakit dapat dipelajari kembali untuk meningkatkan efisiensi dan menghilangkan tindakan berbahaya atau menyakitkan.

Feldenkrais membantu menerjemahkan niat menjadi tindakan. Dalam praktiknya, seorang individu dapat belajar untuk mencapai potensi tertingginya, sementara pada saat yang sama belajar untuk menghindari dan menghilangkan stres, ketegangan, dan kemungkinan cedera.

Selama sesi ini, pasien mengenakan pakaian yang nyaman, dan dapat duduk, berdiri, berjalan, atau berbaring di atas meja yang empuk. Praktisi membantu murid dengan membimbingnya melalui sejumlah gerakan. Praktisi dapat menggunakan sentuhan untuk berkomunikasi dengan siswa, tetapi sentuhan tidak digunakan untuk mengoreksi gerakan apa pun. Tujuan dari sesi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa akan gerakannya sendiri dan menjadi terbuka terhadap berbagai kemungkinan gerakan.

Instruksi dapat difokuskan pada aktivitas tertentu yang dilakukan siswa setiap hari, atau yang menyebabkan rasa sakitnya. Siswa dapat belajar untuk mengubah gerakan kebiasaan dan mendidik kembali sistem neuromuskular. Jenis sesi ini sangat berguna bagi mereka yang menderita keterbatasan yang berasal dari penyalahgunaan, stres, penyakit, atau kecelakaan.

Ini juga dapat membantu atlet dan musisi melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka dengan meningkatkan kemungkinan mereka untuk bergerak. Ini menawarkan siswa potensi untuk meningkatkan kinerja fisik dan mental mereka selain meningkatkan rasa kesejahteraan.

Kesadaran melalui gerakan

Latar belakang seni bela diri Feldenkrais dapat diidentifikasi dengan jelas dalam banyak aspek Kesadaran Melalui Gerakan (ATM). Selama sesi kelompok, siswa diajarkan untuk menjadi sangat sadar akan semua gerakan mereka dan membayangkannya, sehingga mereka dapat meningkatkan efisiensi tindakan mereka dalam pikiran mereka, dan mempraktikkannya. Siswa didorong untuk disiplin dalam mempraktikkan latihan mereka, untuk mencapai manfaat maksimal.

Kesadaran melalui gerakan digambarkan sebagai proses eksplorasi, tidak menghakimi di mana siswa didorong untuk mengamati dan belajar tentang diri mereka sendiri dan gerakan mereka. Jangkauan terapi ini luas, dan ada ribuan pelajaran berbeda yang dirancang untuk membantu area tertentu.

 

Metode Pendidikan Feldenkrais

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *