Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Memimpin Bisnis

Kesalahan Dalam Memimpin Bisnis

Menjadi seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan, memang bukanlah hal yang mudah karena memimpin sebuah perusahaan dibutuhkan sosok yang sangat mengerti tentang keadaan dan kondisi yang terjadi pada perusahaan. Apalagi perusahaan itu adalah milik Anda sendiri. Anda harus menguasai ilmu dari leadership dimana jika ilmu itu tidak Anda kuasai dengan betul maka dijamin perusahaan Anda akan segera gulung tikar.

Leadership atau kepemimpinan adalah kemampuan individu atau sekelompok individu untuk mempengaruhi dan membimbing pengikut atau anggota lain dari suatu organisasi. Dalam bisnis, individu yang menunjukkan kualitas kepemimpinan ini dapat naik ke manajemen eksekutif atau posisi tingkat tertinggi.

Kesalahan Memimpin Bisnis

Sosok pemimpin yang disegani dan dipatuhi merupakan salah satu dari sekian banyak syarat yang harus dimiliki sebuah perusahaan. Jika perusahaan tersebut menginginkan tetap berada dalam trek yang benar maka keterlibatan pemimpin dalam menahkodai perusahaan tersebut mutlak diperlukan.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda camkan dan Anda jauhi jika Anda seorang pemimpin karena jika beberapa hal ini Anda lakukan maka akibatnya berbahaya terhadap kelangsungan perusahaan Anda.

1. Selalu Berusaha Untuk Menjadi Pemimpin Yang Ditakuti

Menjadi seorang pemimpin yang ditakuti boleh-boleh saja. Karena menyangkut kelangsungan dari usaha Anda sendiri. Tetapi jika hal itu Anda lakukan secara terus menerus maka yang terjadi adalah Anda seolah-olah menjadi momok yang menakutkan buat karyawan Anda.

Dalam bekerja karyawan Anda akan merasa bahwa mereka seolah-olah bekerja di bawah suatu tekanan yang besar. Mereka akan bekerja tidak dengan ketulusan hati mereka. Tetapi bekerja di perusahaan Anda karena hanya menginginkan gaji dari Anda saja. Rasa memiliki mereka terhadap perusahaan yang Anda pimpin tidak ada.

2. Tidak Pernah Meminta Masukan dan Saran Dari Bawahan

Kesalahan fatal berikutnya dari seorang pemimpin adalah tidak pernah meminta masukan dan saran dari bawahan. Sifat yang demikian itu akan berdampak sangat buruk bagi keberlangsungan dari perusahaan. Karena sebenarnya yang tahu betul tentang segala hal teknis sebuah perusahaan adalah bawahan.

Ketika pemimpin tak pernah meminta masukan dari bawahan yang terjadi adalah keputusan-keputusan yang diambil pemimpin tersebut mengakibatkan sebuah blunder yang berakibat bagi ruginya suatu perusahaan.

3. Kritik Destruktif Terhadap Bawahan

Kesalahan selanjutnya adalah kritik yang destruktif, bawahan yang Anda pimpin juga merupakan seorang manusia dimana juga pernah melakukan salah dan lupa, maka ketika mereka melakukan kesalahan jangan sampai Anda mengkritik mereka dengan kritik yang bersifat menjatuhkan.

Misalnya kata-kata : Bodoh, Tolol, Dungu. Jangan pernah Anda lontarkan kepada mereka. Karena sesungguhnya kata-kata tersebut akan mematikan daya inovasi serta kreasi dari karyawan Anda.

4. Perlakuan Yang Sama Terhadap Bawahan

Kesalahan berikutnya adalah memperlakukan sama terhadap bawahan, pengakuan bahwa Anda adalah seorang pemimpin boleh-boleh saja. Namun menyamakan semua bawahan akan berdampak pada menurunnya integritas karyawan.

Berikan porsi lebih kepada karyawan yang memang memiliki dedikasi, integritas serta kedisiplinan yang tinggi diantara karyawan Anda yang lain. Jadikan mereka figure-figur yang bisa dijadikan teladan bagi karyawan-karyawan yang lain dalam perusahaan Anda.

da banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan seseorang. Tidak hanya faktor internal saja, namun juga faktor eksternal. Karyawan adalah salah satu faktor internal yang akan ambil bagian dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan. Maka dari itu, jangan pernah menganggap remeh seorang karyawan. Jika mereka tidak ada, suksesnya perusahaan akan terhambat.

 

Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Memimpin Bisnis

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *