Pengertian Streaming, Sejarah, Jenis dan Cara Kerjanya

Pengertian Streaming

Lentera Online akan menjelaskan secara singkat singkat apa itu streaming, cara kerjanya, dan jenis-jenis streaming yang ada. Selain itu, juga dibahas sejarah streaming dan platform mana yang paling populer.

Apa itu Streaming?

Pada dasarnya Streaming merupakan sebuah transmisi terus menerus atau berkelanjutan atau juga disebut transmisi unduhan langsung. Istilah streaming berasal dari bahasa Inggris stream (“jet” atau “stream”) dan mengacu pada transmisi konten audiovisual tanpa gangguan.

Dengan demikian Pengertian transmisi streaming adalah metode  distribusi konten  multimedia (audiovisual) melalui jaringan komputer, yang mentransmisikan konten pada saat dikonsumsi, tanpa harus diunduh dan disimpan terlebih dahulu.

Transmisi konten komersial melalui streaming menjadi populer setelah tahun 2000 di seluruh dunia, karena layanan broadband memungkinkan untuk menyamakan kecepatan transmisi data yang diperlukan untuk mengirimkan serial, film, podcast, dan konten lain yang ditangguhkan (yaitu, direkam sebelumnya) atau layanan televisi langsung dan langsung yang berbeda. Tidak seperti siaran televisi atau radio tradisional, memiliki keunggulan bahwa pengguna dapat memilih konten apa yang akan ditonton dan kapan .

Untuk mengakses jenis layanan ini , Anda memerlukan koneksi internet dan satu atau lebih perangkat yang mampu memutar audio dan video , seperti smart TV, tablet, smartphone , atau komputer . Oleh karena itu, keberhasilan  teknologi ini berjalan seiring dengan peningkatan konsumsi perangkat jenis ini, dan peningkatan kapasitas transmisi data nirkabel (4G dan 5G).

Latar belakang dan riwayat streaming

Prinsip dasar transmisi dengan streaming bukanlah hal baru, pada awal 1920 sistem musik latar Muzak yang ditemukan oleh tentara Amerika George Owen Squier (1865-1934) dioperasikan berdasarkan transmisi impuls listrik yang terus menerus, tetapi teknologi itu kemudian tidak mengizinkan penggunaannya; setidaknya tidak dalam istilah yang akhirnya terjadi pada 1990-an.

Streaming menjadi terkenal di kalangan massa pada tahun 1994, berkat konser band rock Inggris The Rolling Stones, yang pada tanggal 18 November menyiarkan langsung cuplikan 20 menit dari konser mereka di Dallas, Amerika Serikat, sebagai bagian dari promosi pembayaran- layanan konten per tampilan dari jaringan Showtime.  Siaran ini dimungkinkan oleh teknologi Multicast Bone (MBone), yang diciptakan pada tahun 1992 untuk menyiarkan konferensi akademik.

Kemudian, pada tahun 1995, RealAudio 1.0 muncul, format audio yang memfasilitasi dan meringankan streaming  audio melalui Internet, yang memiliki dampak besar pada telekomunikasi digital dan menunjukkan keunggulan sistem buffering atau penyimpanan sementara konten untuk transmisinya. .

Namun, kemampuan sebenarnya dari teknologi ini berhasil diuji berkat jejaring sosial YouTube, yang muncul pada tahun 2005 dan didedikasikan untuk mentransmisikan konten audiovisual melalui Internet . Pada tahun-tahun berikutnya, raksasa industri hiburan streaming muncul, baik di televisi dan film, serta di video game, radio online , dan podcast.

Bagaimana cara kerja streaming ?

Streaming bekerja dengan cara yang sama seperti transmisi data digital lainnya, tetapi alih-alih membutuhkan unduhan lengkap konten untuk melanjutkan reproduksinya, layanan streaming memiliki buffer data, yaitu komputer ruang memori yang didedikasikan untuk penyimpanan informasi sementara, di mana konten diakumulasikan untuk transmisi langsungnya, sehingga tidak ada interupsi.

Dengan demikian, data ditransmisikan, diterima, dan direproduksi dengan cepat, selama bandwidth layanan Internet sama atau melebihi kecepatan transmisi informasi. Oleh karena itu, semakin besar paket data (misalnya, jika kualitas video diatur ke maksimum), semakin banyak informasi per detik yang harus diproses, disimpan, dan direproduksi.

Jenis streaming

Transmisi melalui streaming dapat diklasifikasikan menurut jenis informasi yang dikonsumsi di:

  • Streaming Audio. Memungkinkan Anda mendengarkan radio dan program yang direkam (podcast) melalui Internet. Mereka juga dapat melakukan panggilan telepon dan mengirimkan pesan audio.
  • Streaming video. Ini memungkinkan Anda untuk menerima aliran gambar bergerak yang berkelanjutan, seperti umpan dari kamera keamanan di toko, atau semacam rekaman dokumenter atau ilmiah.
  • Streaming konten audiovisual. Ini memungkinkan konsumsi konten audio dan video terintegrasi, seperti serial, film, konferensi video, panggilan video, dan lainnya.
  • Streaming video game. Ini memungkinkan pengunduhan data yang diperlukan untuk bermain dengan cepat dan online, biasanya setelah menginstal sebagian perangkat lunak yang diperlukan untuk bermain di komputer atau di konsol video game. Dalam kasus lain, ini mengacu pada pemasangan online game baru langsung di perangkat, tanpa perlu mengunduh dan memproses selanjutnya.

Platform streaming paling populer

Beberapa platform paling populer untuk menjual konten melalui siaran langsung atau streaming adalah sebagai berikut:

YouTube

Ini adalah salah satu platform pelopor dalam bisnis streaming audio dan video , dan terdiri dari jaringan sosial yang luas yang terus-menerus menyimpan dan mereproduksi rekaman penggunanya, apakah itu program yang diproduksi sendiri, pesan iklan, dll.

Netflix

Ini adalah salah satu platform streaming paling populer , dan menawarkan pelanggannya akses ke ribuan serial, film, dan film pendek untuk dikonsumsi secara langsung. Keberhasilannya sedemikian rupa sehingga banyak TV pintar sudah memiliki tombol untuk Netflix di remote control mereka .

Disney+

Terutama ditujukan untuk anak-anak dan remaja, layanan streaming konten milik merek Disney ini (atau merek terkaitnya, seperti Pixar , Marvel atau Star Wars ) didirikan pada tahun 2019 dan ditawarkan kepada publik di tengah booming platform tipe ini, terkait dengan pembatasan mobilitas akibat pandemi covid-19 yang dimulai pada tahun 2020.

Vimeo

Ini adalah platform pengunggahan dan streaming video yang didirikan pada tahun 2004 dan beroperasi sebagai jejaring sosial , yang kecepatan bit tinggi dan resolusi video tinggi membuatnya populer di kalangan artis di dunia musik, sebagai situs untuk menyelenggarakan dan mendistribusikan konser, dan klip video.

HBOmax

Dimiliki oleh perusahaan produksi dan distribusi film HBO, platform streaming ini diluncurkan pada tahun 2020 dan dengan cepat menjadi salah satu yang paling diminati di sektor komersial yang sangat disengketakan, karena kontennya tidak terbatas pada yang diproduksi oleh bisnis.

Streaming Awan Google

Ini adalah layanan streaming data Google , yang muncul pada tahun 2008 sebagai alternatif untuk menyimpan aplikasi di komputer, yang dapat dijalankan langsung dari cloud, yaitu melalui Internet. Dalam pengertian itu, Google Cloud adalah lingkungan virtual yang mengirim dan menerima data menggunakan teknologi streaming.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian streaming, cara kerjanya, dan jenis apa yang ada. Selain itu, sejarahnya dan platform mana yang paling populer.

Pengertian Streaming, Sejarah, Jenis dan Cara Kerjanya

About the Author: Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.