Ordo Mamalia Laut

Mamalia laut

Mamalia laut (marine mammals) adalah spesies mamalia yang bergantung pada lautan untuk semua atau sebagian besar hidup mereka. Seperti mamalia darat, mamalia laut termasuk dalam tiga kelompok yang disebut ordo. Ordo adalah klasifikasi sekelompok organisme, yang akhirnya terbagi menjadi spesies. Mamalia laut termasuk dalam ordo Cetecea, Carnivora, dan Sirenia.

Ordo Mamalia Laut

1. Ordo Cetacea

Ada sekitar tujuh puluh tujuh spesies cetacea, termasuk paus, lumba-lumba, dan lumba-lumba. Semua hewan ini menjalani seluruh hidup mereka di dalam air. Cetacea mungkin berevolusi dari mamalia berkuku yang mirip dengan kuda dan domba.

Kaki depan mereka menjadi sirip yang digunakan terutama untuk kemudi, dan kaki belakang mereka menjadi sirip yang sangat kecil atau cacing (sirip ekor) untuk merampingkan hewan untuk berenang. Cetacea berenang dengan menggerakkan fluke mereka yang kuat ke atas dan ke bawah.

Ordo cetacea dikelompokkan menjadi dua kategori atau subordo yaitu: Odontoceti (paus bergigi) dan Mysteceti (paus balin).

1. Sub Ordo Odontoceti 

Paus bergigi menyumbang sekitar 90% dari semua cetacea, termasuk lumba – lumba dan lumba -lumba serta orca (paus pembunuh) dan paus sperma. Paus bergigi berburu mangsa, yang mereka tangkap dengan gigi mereka. Mereka juga memiliki satu lubang eksternal yang disebut lubang sembur untuk bernafas.

Paus bergigi memiliki otak yang besar untuk ukurannya dan dianggap sebagai beberapa hewan paling cerdas. Mereka berburu menggunakan ekolokasi canggih, yaitu metode mendeteksi objek dengan mendengarkan suara pantulan yang dipanggilnya.

2. Sub ordo Mysteceti

Paus balin (baleen) tidak memiliki gigi. Sebaliknya, mereka memiliki pelat berbulu yang disebut balin, yang menggantung seperti tirai dari rahang atas mereka. Baleen terbuat dari protein yang mirip dengan yang membentuk kuku manusia.

Saat makan, paus balin menyedot air dalam jumlah besar dan kemudian memaksa air keluar melalui balinnya, yang berfungsi seperti saringan. Makanan paus ini terutama adalah plankton (hewan kecil), hewan yang hanyut di lautan. Plankton mikroskopis terkonsentrasi di belakang balin dan kemudian ditelan.

Meskipun paus balin memakan beberapa hewan terkecil di dunia, paus balin adalah beberapa hewan terbesar di dunia. Paus biru , paus sirip, dan ikan paus abu-abu, semuanya memiliki berat lebih dari 2 ton (9 metrik ton). Paus balin juga dibedakan dari paus bergigi karena mereka memiliki dua lubang sembur eksternal, bukan satu.

2. Ordo Karnivora

Karnivora termasuk hewan yang saling memangsa (pemakan daging) seperti anjing, kucing, beruang, dan musang. Ada dua sub ordo karnivora yang memiliki perwakilan laut: pinniped dan fissiped.

1. Sub ordo Pinnipedia

Pinnipeds termasuk anjing laut , singa laut, anjing laut berbulu dan walrus. Mereka semua memiliki sirip yang dapat digunakan untuk bergerak di darat maupun di air. Meskipun mereka berenang jauh lebih efisien daripada berjalan di darat, mereka melahirkan anak-anak mereka di darat.

Segel menyumbang hampir 90% dari semua pinniped. Ada sembilan belas spesies yang hidup di semua lautan dan bahkan di beberapa danau. Sebagian besar spesies anjing laut hidup di dekat Antartika dan di Lingkaran Arktika.

Anjing laut tidak memiliki telinga luar, meskipun mereka dapat mendengar dengan sangat baik. Mereka mendorong diri mereka sendiri dengan sirip belakang mereka dan menggunakan sirip depan mereka untuk kemudi.

Singa laut dan anjing laut berbulu memiliki telinga luar yang kecil. Kaki belakang mereka lebih fleksibel daripada anjing laut, sehingga mereka dapat bergerak lebih baik di darat. Mereka mendorong diri mereka sendiri dengan sirip depan mereka saat berenang.

Walrus adalah yang terbesar dari pinnipeds. Mereka tidak memiliki telinga luar, tetapi mereka dapat menggunakan sirip belakang mereka untuk bergerak di darat. Gigi taring (runcing, di depan) walrus diperbesar menjadi gading. Walrus berenang di dasar laut menggunakan taringnya seperti pelari saat mencari kerang untuk dimakan.

2. Sub ordo Fissipedia

Sub ordo Fissipedia mencakup kucing, anjing, rakun, dan beruang, serta dua mamalia laut: berang-berang laut dan beruang kutub. Berang-berang laut memiliki panjang sekitar 4 kaki (1,2 meter), yang terkecil dari mamalia laut.

Makanan favorit mereka adalah bulu babi, yang mereka makan dengan cara berbaring telentang dan menghantamkannya ke batu yang seimbang di dada mereka. Beruang kutub mengembara jarak jauh melintasi lapisan es mengambang di Arktika berburu anjing laut dan paus. Mereka bisa berenang di antara bongkahan es menggunakan kaki depan mereka yang kuat seperti dayung.

3. Ordo Sirenia

Sirenia, atau juga sering disebut sapi laut, berevolusi dari mamalia darat berkuku, seperti cetacea. Sirenia termasuk manatee , yang merupakan mamalia laut pemakan tumbuhan besar, dan duyung (umumnya dikenal sebagai sapi laut).

Sirenia adalah satu-satunya mamalia laut pemakan tumbuhan, pemakan rumput laut dan alga (tanaman kecil tanpa akar yang tumbuh di perairan yang diterangi matahari) di perairan hangat. Mereka tumbuh menjadi cukup besar, hingga 15 kaki (4,5 meter) dan berat 1.500 pon (680 kilogram).

 

Ordo Mamalia Laut

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *