Cara Menjaga Pola Makan dengan Gaya Hidup Sehat

Pola Makan dengan Gaya Hidup Sehat

Apa yang Anda makan setiap hari memengaruhi kesehatan dan perasaan Anda saat ini dan di masa depan. Nutrisi yang baik berperan besar dalam membantu Anda menjalani gaya hidup sehat.

Ketika dikombinasikan dengan aktivitas fisik, diet Anda dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko kondisi kronis seperti diabetes atau penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan dalam menjaga Gaya Hidup.

Pola Makan dengan Gaya Hidup Sehat

Menciptakan dan mempertahankan kebiasaan makan yang sehat tidak harus sulit. Jika Anda mulai dengan memasukkan perubahan kecil ke dalam kebiasaan sehari-hari, Anda dapat memberi pengaruh besar pada pola makan Anda dan menciptakan kebiasaan makan yang sehat dan tahan lama.

Cobalah memasukkan setidaknya enam dari delapan tujuan berikut ke dalam diet Anda dengan menambahkan satu tujuan baru setiap minggu.

Buat setengah piring buah dan sayuran Anda

Pilih sayuran berwarna merah, oranye, dan hijau tua bersama dengan sayuran lain untuk makanan Anda. Tambahkan buah ke makanan sebagai bagian dari hidangan utama atau lauk atau sebagai makanan penutup. Semakin berwarna piring Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjadi sehat.

Buatlah setengah dari biji-bijian yang Anda makan biji-bijian utuh

Beralihlah dari makanan berbiji halus ke makanan berbiji utuh. Misalnya, pilih roti gandum daripada roti putih. Baca daftar bahan dan pilih produk yang mencantumkan bahan gandum terlebih dahulu. Carilah hal-hal seperti: “gandum utuh”, “beras merah”, “bulgur”, “soba”, “oatmeal”, “gandum gulung”, quinoa, atau “nasi liar”.

Pilih berbagai makanan berprotein rendah lemak

Kelompok makanan berprotein tidak hanya meliputi daging, unggas, dan makanan laut, tetapi juga kacang-kacangan atau kacang polong kering, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pilih potongan daging giling yang lebih ramping (dengan label 90% lean atau lebih tinggi), dada kalkun, atau dada ayam.

Bandingkan natrium dalam makanan

Gunakan label Fakta Nutrisi untuk memilih makanan versi natrium rendah seperti sup, roti, dan makanan beku. Pilih makanan kaleng berlabel “rendah natrium”, “rendah natrium”, atau “tanpa tambahan garam”.

Bgaiamana Cara Menjaga Pola Makan dengan Gaya Hidup Sehat?

Untuk menjaga kebiasaan makan sehat Anda, coba tips berikut ini.

Tambahkan Lebih Banyak Buah & Sayuran

  • Campurkan sayuran ke dalam hidangan favorit Anda. Tukar daging dengan paprika dan jamur di taco Anda atau coba pasta vegetarian daripada pasta biji-bijian seperti yang terbuat dari kacang hitam untuk mendapatkan lebih banyak protein nabati.
  • Gunakan buah dan sayuran segar jika memungkinkan. Perhatikan natrium dalam sayuran kalengan dan cari buah kalengan yang dikemas dalam air sebagai pengganti sirup.
  • Kemasi tas bekal anak Anda dengan buah dan sayuran: irisan apel, pisang atau wortel.

Kurangi Lemak, Garam, dan Gula

  • Saat makan di luar, pilih makanan yang dipanggang atau dipanggang daripada digoreng dan lakukan hal yang sama di rumah.
  • Jadikan air sebagai minuman favorit Anda, bukan soda atau minuman manis.
  • Baca label pada bahan kemasan untuk menemukan makanan yang lebih rendah natrium.
  • Kurangi jumlah garam yang ditambahkan ke makanan saat memasak dan gunakan bumbu dan rempah-rempah sebagai gantinya untuk menambahkan rasa seperti paprika, kunyit, lada hitam, bawang putih atau bubuk bawang merah.

Kontrol Ukuran Porsi

  • Saat menyiapkan makanan di rumah, gunakan piring yang lebih kecil.
  • Jangan bersihkan piring Anda jika Anda sudah kenyang, melainkan simpan sisa makanan untuk makan siang besok.
  • Ukuran porsi bergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas individu.

Demikianlah Artikel tentang cara menjaga pola makan dengan gaya hidup sehat semoga bermanfaat terima kasih.

 

Cara Menjaga Pola Makan dengan Gaya Hidup Sehat

Lenteraonline

Ikut berbagi informasi dan pengetahuan lewat tulisan online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *